Kamis, 14 Juli 2011

Cat Luar Rumah Anda Menentukan Dingin atau Tidaknya Rumah Anda

Melihat dari artikel-artikel pada akuinginhijau, saya tertarik dengan yang satu ini. "Apakah warna cat rumah anda??"
Mungkin sebagian besar orang belum / tidak tahu bahwa cat luar pada rumah menentukan tempratur dalam rumah. Dan mengapa saya tertarik dengan artikel ini? Jawabannya: Karena kebetulan salah satu mata kuliah yg sedang saya tempuh (Satuan Operasi)

berhubungan dengan artikel ini :D (Konduksi, Konveksi dan Radiasi)

Sebenarnya pemilihan warna itu adalah sebuah seni. Dan seni adalah kebebasan. Banyak orang mengatakan bahwa warna cat mencerminkan kepribadian serta gaya hidup seseorang. Tidak ada aturan umum dalam pemilihan warna cat untuk rumah anda namun satu hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk membantu mendinginkan rumah anda adalah warna cat tembok luar rumah anda.
Warna tembok yang gelap akan menyerap panas antara 70-90% dari seluruh radiasi sinar matahari yang mengena pada daerah tersebut. Sebagian dari panas ini akan masuk ke dalam rumah dengan cara konduksi di tembok yang akan mengakibatkan panas di dalam rumah. Hal ini akan menambah energi yang diperlukan untuk menyejukkan ruangan hingga 20%.
Warna yang terang akan memantulkan sebagian besar dari sinar dan panas menjauh dari rumah anda. Warna tersebut tidak harus berwarna putih saja, tetapi warna hijau atau biru pun pilihlah yang berwarna muda dan terang.
Tembok dengan tanaman menjalar juga dapat melindungi tembok dari panas dengan mem-blok sinar matahari serta memantulkannya terlebih dahulu. Pilih tanaman menjalar yang mudah dirawat.
Kontribusi sekecil apapun akan terus menghemat energi kita dan memperbaiki lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar